Profil
Mekanisme dan Prosedur Pelayanan
NO. |
KOMPONEN |
URAIAN |
SERVICE DELIVERY |
||
1 |
Persyaratan |
1. KTP / KK / Kartu BPJS yang faskesnya terdaftar di UPTD Puskesmas Tarusan Kecamatan Koto XI Tarusan 2. Kartu berobat / Kartu Kunjungan |
2 |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
1. Pengunjung Mengambil Nomor Antrian
|
3 |
Jangka Waktu |
10 menit |
4 |
Biaya / Tarif |
Sesuai Peraturan Bupati Pesisir Selatan No 73 tahun 2022 JKN : Permenkes Nomor 4 tahun 2017 |
5 |
Produk Pelayanan |
1. Pendaftaran Pasien 2. Pelayanan rekam medis pasien |
6 |
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan |
1. Kotak Saran 2. Petugas di Meja Informasi 3. WA : 0813-6461-3744 (AMITA) 4. Email : puskesmastarusan@yahoo.co.id 5. website: puskesmastarusan.pesisirselatankab.go.id 6. Instagram : @puskesmas_tarusan |
MANUFACTURING |
||
7 |
Dasar Hukum |
|
8 |
Sarana/prasarana dan fasilitas |
1. Mesin Nomor Antrean 2. Komputer 3. Kertas 4. Bulpoint 5. Buku Rekam Medis 6. Pengeras suara |
9 |
Kompetensi Pelaksana |
Mampu mengoperasikan komputer |
10 |
Pengawasan Internal |
Tim Mutu, PJ UKP. Kasubag TU, Kepala Puskesmas |
11 |
Jumlah Pelaksana |
4 orang |
12 |
Jaminan Pelayanan |
Maklumat pelayanan |
13 |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Maklumat Pelayanan |
14 |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
1. Mini Lokakarya bulanan 2. Evaluasi kinerja tiap 6 bulan |
2. PELAYANAN PEMERIKSAAN KESEHATAN UMUM
NO. |
KOMPONEN |
URAIAN |
SERVICE DELIVERY |
||
1 |
Persyaratan |
|
2 |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
|
3 |
Jangka Waktu |
10 menit |
4 |
Biaya / Tarif |
Sesuai Peraturan Bupati Pesisir Selatan No 73 tahun 2022 JKN : Permenkes Nomor 4 tahun 2017 |
5 |
Produk Pelayanan |
Konsultasi Dokter, Pemeriksaan Medis, Tindakan medis, Surat Rujukan, Surat Keterangan Kesehatan, Surat Keterangan Buta Warna |
6 |
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan |
1. Kotak Saran 2. Petugas di Meja Informasi 3. WA : 0813-6461-3744 (AMITA) 4. Email : puskesmastarusan@yahoo.co.id 5. website: puskesmastarusan.pesisirselatankab.go.id 6. Instagram : @puskesmas_tarusan |
MANUFACTURING |
||
7 |
Dasar Hukum |
|
8 |
Sarana/prasarana dan fasilitas |
1. Tensimeter 2. Stetoskop 3. Timbangan Berat Badan 4. Microtoise 5. Senter 6. Meja dan Kursi 7. Komputer 8. ATK 9. Tempat tidur periksa 10. Wastafel, hand sanitizer 11. Masker, handscoon 12. Alkes lain sesuai kebutuhan |
9 |
Kompetensi Pelaksana |
1. Dokter
3. Tenaga Administrasi yang mampu mengoperasikan komputer |
10 |
Pengawasan Internal |
Tim Mutu, PJ UKP, Kepala Puskesmas |
11 |
Jumlah Pelaksana |
6 orang |
12 |
Jaminan Pelayanan |
Maklumat pelayanan |
13 |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Maklumat Pelayanan |
14 |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
1. Mini Lokakarya bulanan 2. Evaluasi kinerja tiap 6 bulan |
3. PELAYANAN RAWAT INAP
NO. |
KOMPONEN |
URAIAN |
|
|
SERVICE DELIVERY |
|
|||
1 |
Persyaratan |
1. Permintaan Perawatan dari Dokter 2. Lembar Persetujuan Rawat Inap,status kepesertaan,dan Inform Consent yang telah di tanda tangani oleh Pasien atau keluarga 3. Kelengkapan berkas Rekam Medis |
|
|
2 |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
1. Setelah menerima pesanan dari admisi atau IGD ,petugas rawat inap menyiapkan tempat tidur. 2. Petugas IGD mengantar pasien keruangan perawatan 3. Petugas rawat inap menerima penyerahan pasien berikut berkas persyaratan rawat inap dari petugas pengantar pasien. 4. Petugas ruangan melakukan pemeriksaan awal rawat inap
|
|
|
3 |
Jangka Waktu |
Dari Pasien Masuk Rawatan sampai Pulang Dari Rawatan (tergantung lama dirawat ) |
|
|
4 |
Biaya / Tarif |
Peraturan Daerah Bupati Pesisir Selatan No 9 tahun 2023 tentang Pajak daerah dan Retribusi daerah |
|
|
5 |
Produk Pelayanan |
Produk Pelayanan Rawat Inap sesuai dengan Standar |
|
|
6 |
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan |
1. Pengaduan Langsung ke Petugas di ruang Rawat Inap 2. Pengaduan Langsung ke Atasan 3. Kotak Saran 4. Petugas di Meja Informasi 5. Email : puskesmastarusan@yahoo.co.id 4. WA : 0813-6461-3744 (AMITA) 5. website: https:/puskesmastarusan.pesisir selatankab.go.id/ 6. Instagram : puskesmas_tarusan |
|
|
MANUFACTURING |
||||
7 |
Dasar Hukum |
|
||
8 |
Sarana/prasarana dan fasilitas |
1. Tempat Tidur Pasien 2. Lemari Bedsite 3. Peralatan Penunjang Pemeriksaan Klinis dan Fisik ( al : Timbangan,Tensi,stetoskop) 4. Makan Pasien 5. Status Pasien 6. Buku Register Pasien 7. Bulpoint 8. Komputer |
||
9 |
Kompetensi Pelaksana |
Dokter Umum Perawat Bidan |
||
10 |
Pengawasan Internal |
1. Kepala Puskesmas mengawasi dokter umum secara Administrasi Pelayanan 2. Tim Audit Internal melaksanakanpengawasan terhadap keluhan pelanggaran/pasien dan pelaksana / Operator 3. Dokter Umum Mengawasi Bidandan Perawat untuk tindakan medis klibis |
||
11 |
Jumlah Pelaksana |
Dokter Umum, Perawat dan Bidan |
||
12 |
Jaminan Pelayanan |
1. Pasien mendapatkan Pelayanan dan Tindakan yang memuaskan,sehingga tercapai Kesehatan yang Prima 2. Pasien mendapatkan Fasilitas dan pendampingan rujukan ke Rumah Sakit sesuai kepeerluan |
||
13 |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
1. Penatalaksanaan Tindakan Medis Klinis sesuai SOP dan Instruksi Kerja 2. Pasien diminta datang kembali untuk kontrol setelah 3 hari Pulang (sesuai dengan Kondisi) |
||
14 |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
1. Mini Lokakarya bulanan 2. Evaluasi kinerja tiap 6 bulan |
4. PELAYANAN GAWAT DARURAT DAN RUANG TINDAKAN
NO. |
KOMPONEN |
URAIAN |
|
SERVICE DELIVERY |
|
||
1 |
Persyaratan |
1. Kasus gawat darurat 2. Kasus non gawat darurat melakukan registrasi melalui loket pendaftaran |
|
2 |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
1. Pasien gawat darurat langsung masuk ke ruang Tindakan 2. Petugas melakukan triage untuk identifikasi kegawatdaruratan 3. Pengantar pasien melakukan pendaftaran di Loket pendaftaran
10. Petugas melakukan observasi hingga kondisi pasien membaik/ stabil 11. Petugas merujuk pasien bila tidak dapat ditangani di Puskesmas 12. Bagi pasien umum Pengantar pasien menyelesaikan administrasi pembayaran di kasir |
|
3 |
Jangka Waktu |
1. Respon tindakan oleh petugas kurang dari 2 menit 2. Lama tindakan disesuaikan dengan kondisi pasien dan jenis tindakan |
|
4 |
Biaya / Tarif |
Sesuai Peraturan Bupati Pesisir Selatan No 73 tahun 2022, 25 tahun 2011 JKN : Permenkes Nomor 4 tahun 2017 |
|
5 |
Produk Pelayanan |
1. Pelayanan Kesehatan darurat 2. Pelayanan tindakan medis sederhana 3. Pemberian VAR bagi kasus gigitan hewan penular rabies 4. Rujukan ke Rumah Sakit |
|
6 |
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan |
1. Kotak Saran 2. Petugas di Meja Informasi 3. WA : 0813-6461-3744 (AMITA) 4. Email : puskesmastarusan@yahoo.co.id 5. website: puskesmastarusan.pesisirselatankab.go.id 6. Instagram : @puskesmas_tarusan |
|
MANUFACTURING |
|
||
7 |
Dasar Hukum |
Kedokteran |
|
8 |
Sarana/prasarana dan fasilitas |
1. Tempat tidur periksa
3. ATK 4. Tabung Oksigen 5. Anafilaktik set 6. Mobil Ambulans |
|
9 |
Kompetensi Pelaksana |
1. Dokter 2. Perawat dengan pendidikan minimal D3 Keperawatan |
|
10 |
Pengawasan Internal |
Tim Mutu, PJ UKP, Kepala Puskesmas |
|
11 |
Jumlah Pelaksana |
2 orang |
|
12 |
Jaminan Pelayanan |
Maklumat Pelayanan |
|
13 |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Maklumat Pelayanan |
|
14 |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
1. Mini Lokakarya bulanan 2. Evaluasi kinerja tiap 6 bulan |
5. PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT
NO. |
KOMPONEN |
URAIAN |
SERVICE DELIVERY |
||
1 |
Persyaratan |
1. Melakukan pendaftaran di loket pendaftaran atau membawa rujukan internal dari unit layanan terkait 2. Tersedianya buku rekam medis pasien |
2 |
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur |
1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrean dari buku rekam medis yang tersedia 2. Petugas mempersilahkan pasien masuk dan duduk di di dental unit 3. Petugas melakukan identifikasi pasien
|
3 |
Jangka Waktu |
10 – 30 menit tergantung jenis tindakan |
4 |
Biaya / Tarif |
Sesuai Peraturan Bupati Pesisir Selatan No 73 tahun 2022 JKN : Permenkes Nomor 4 tahun 2017 |
5 |
Produk Pelayanan |
1. Konsultasi kesehatan gigi, 2. Pemeriksaan kesehatan gigi, 3. Tindakan tambal, cabut, pembersihan karang gigi 4. Rujukan ke Rumah Sakit |
6 |
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan |
1. Kotak Saran 2. Petugas di Meja Informasi 3. WA : 0813-6461-3744 (AMITA) 4. Email : puskesmastarusan@yahoo.co.id 5. website: puskesmastarusan.pesisirselatankab.go.id 6. Instagram : @puskesmas_tarusan |
MANUFACTURING |
||
7 |
Dasar Hukum |
1. Undang Undang Nomor 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran 2. Undang Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan 3. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2019 tentang Puskesmas
|
8 |
Sarana/prasarana dan fasilitas |
1. Ruang Pemeriksaan Gigi 2. Dental Unit 3. Alat medis Pendukung 4. APD 5. Komputer |
9 |
Kompetensi Pelaksana |
1. Dokter Gigi 2. Perawat Gigi |
10 |
Pengawasan Internal |
Tim Mutu, PJ UKP, Kepala Puskesmas |
11 |
Jumlah Pelaksana |
4 orang |
12 |
Jaminan Pelayanan |
Maklumat Pelayanan |
13 |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Maklumat Pelayanan |
14 |
Evaluasi, Kinerja Pelaksana |
1. Mini Lokakarya bulanan 2. Evaluasi kinerja tiap 6 bulan |
6. PELAYANAN PERSALINAN
NO. |
KOMPONEN |
URAIAN |
||
SERVICE DELIVERY |
||||
1 |
Persyaratan |
1. Advice dari Dokter/Bidan untuk menolong persalinan 2. Status kepesertaan,dan Inform Consent yang telah di tanda tangani oleh Pasien atau keluarga 3. Kelengkapan berkas Rekam Medis |
||
2 |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
1. Setelah menerima pesanan dari administrasi atau IGD ,petugas kamar bersalin menyiapkan ruangan dan alat persalinan. 2. Petugas IGD mengantar pasien keruangan kamar bersalinan 3. Petugas kamar bersalin menerima penyerahan pasien berikut dengan berkas persyaratan persalinan dari petugas pengantar pasien. 4. Petugas ruangan melakukan pemeriksaan awal persalinan
|
||
3 |
Jangka Waktu |
Dari Pasien Masuk Kamar bersalin sampai Pulang Pulang Dari Rawatan (tergantung lama dirawat ) |
||
4 |
Biaya / Tarif |
Peraturan Daerah Bupati Pesisir Selatan No 9 tahun 2023 tentang Pajak daerah dan Retribusi daerah |
||
5 |
Produk Pelayanan |
Produk Pelayanan Rawat Inap sesuai dengan Standar |
||
6 |
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan |
1. Pengaduan Langsung ke Petugas di ruang Rawat Inap 2. Pengaduan Langsung ke Atasan 3. Kotak Saran 4. Petugas di Meja Informasi 5. Email : puskesmastarusan@yahoo.co.id 6. WA : 0813-6461-3744 (AMITA) 7. website: https:/puskesmastarusan.pesisir selatankab.go.id/ 8. Instagram : puskesmas_tarusan |
||
MANUFACTURING |
|
|||
7 |
Dasar Hukum |
|
|
|
8 |
Sarana/prasarana dan fasilitas |
( al : Tensimeter, dopler, partus set,timbangan bayi)
|
|
|
9 |
Kompetensi Pelaksana |
Dokter Umum Bidan Perawat |
|
|
10 |
Pengawasan Internal |
|
|
|
11 |
Jumlah Pelaksana |
Dokter Umum, Bidan dan Perawat |
|
|
12 |
Jaminan Pelayanan |
|
|
|
13 |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
|
|
|
14 |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
|
|
7. PELAYANAN KIA
NO. |
KOMPONEN |
URAIAN |
SERVICE DELIVERY |
||
1 |
Persyaratan |
1. Melakukan Registrasi di Loket Pendaftaran atau membawa rujukan internal dari unit layanan terkait 2. Buku Pink KIA bagi ibu hamil/ nifas 3. Tersedianya Buku Rekam Medis |
2 |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
1. Petugas menerima buku rekam medis dari petugas pendaftaran 2. Petugas memanggil pasien sesuai nomer antrian di buku rekam medis 3. Petugas melakukan identifikasi pasien
A. Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil
|
3 |
Jangka Waktu |
1. ANC terpadu 60 menit 2. ANC lanjutan 15 menit
4. IVA/Papsmear 30 menit |
4 |
Biaya / Tarif |
Sesuai Peraturan Bupati Pesisir Selatan No 73 tahun 2022 JKN : Permenkes Nomor 4 tahun 2017 |
5 |
Produk Pelayanan |
1. Pemeriksaan Kesehatan ibu hamil 2. Pemeriksaan kesehatan ibu nifas 3. Pelayanan kesehatan reproduksi Termasuk IVA/Papsmear |
6 |
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan |
1. Kotak Saran 2. Petugas di Meja Informasi 3. WA : 0813-6461-3744 (AMITA) 4. Email : puskesmastarusan@yahoo.co.id 5. website: puskesmastarusan.pesisirselatankab.go.id 6. Instagram : @puskesmas_tarusan |
MANUFACTURING |
||
7 |
Dasar Hukum |
3. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
6. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 11 tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien 7. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 17 tahun 2017 tentang Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama |
8 |
Sarana/prasarana dan fasilitas |
1. Meja Gynekologi 2. Meja periksa pasien 3. Alat kesehatan pendukung dan BMHP 4. Kertas resep 5. Bolpoint 6. Kertas 7. Buku Pink KIA |
9 |
Kompetensi Pelaksana |
1. Dokter 2. Bidan dengan pendidikan minimal D3 Kebidanan |
10 |
Pengawasan Internal |
Tim Mutu, PJ UKP, Kepala Puskesmas |
11 |
Jumlah Pelaksana |
3 orang |
12 |
Jaminan Pelayanan |
Maklumat pelayanan |
13 |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Maklumat Pelayanan |
14 |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
1. Mini Lokakarya bulanan 2. Evaluasi kinerja tiap 6 bulan |
8. PELAYANAN KB
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
|
|
SERVICE DELIVERY |
|
|||
1 |
Persyaratan |
1. Melakukan registrasi di loket pendaftaran 2. Buku Pink KIA/ Kartu KB 3. Tersedianya Buku Rekam Medis |
|
|
2 |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
1. Petugas menerima buku rekam medis dari petugas pendaftaran 2. Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian di buku rekam medis 3. Petugas melakukan identifikasi pasien
|
||
3 |
Jangka Waktu |
KB Pil/ Suntik : 15 menit KB IUD : 30 menit |
||
4 |
Biaya / Tarif |
Sesuai Peraturan Bupati Pesisir Selatan No 73 tahun 2022 JKN : Permenkes Nomor 4 tahun 2017 |
||
5 |
Produk Pelayanan |
1. Pelayanan KB Pil 2. Pelayanan KB Suntik 3. Pelayanan KB IUD |
||
6 |
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan |
1. Kotak Saran 2. Petugas di Meja Informasi 3. WA : 0813-6461-3744 (AMITA) 4. Email : puskesmastarusan@yahoo.co.id 5. website: puskesmastarusan.pesisirselatankab.go.id 6. Instagram : @puskesmas_tarusan |
MANUFACTURING |
||
7 |
Dasar Hukum |
|
8 |
Sarana/prasarana dan fasilitas |
1. Meja Gynekologi
3. Alat Kontrasepsi 4. Kertas 5. Bolpoint 6. Kertas Resep 7. Formulir Rujukan internal |
9 |
Kompetensi Pelaksana |
1. Bidan dengan pendidikan minimal D3 Kebidanan
|
10 |
Pengawasan Internal |
Tim Mutu, PJ UKP, Kepala Puskesmas |
11 |
Jumlah Pelaksana |
2 orang |
12 |
Jaminan Pelayanan |
Maklumat Pelayanan |
13 |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
Maklumat Pelayanan |
14 |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
1. Mini Lokakarya bulanan 2. Evaluasi kinerja tiap 6 bulan |
9. PELAYANAN KESEHATAN ANAK
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
|
|
SERVICE DELIVERY |
|
|||
1 |
Persyaratan |
1. Melakukan registrasi di loket pendaftaran 2. Tersedianya Buku Rekam Medis |
|
|
2 |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
a. Adanya tanda bahaya umum b. Berat Badan/ tinggi badan c. Respirasi d. Suhu Tubuh e. Masalah telinga f. Status gizi g. Status pemberian vitamin A h. Imunisasi i. Masalah / keluhan lainnya bila ada 5. Petugas mengisi formulir anamnesa dan penilaian di blanko MTBS 6. Petugas melakukan klsifikasi jenis penyakit
|
||
3 |
Jangka Waktu |
10 menit |
||
4 |
Biaya / Tarif |
Sesuai Peraturan Bupati Pesisir Selatan No 73 tahun 2022 JKN : Permenkes Nomor 4 tahun 2017 |
||
5 |
Produk Pelayanan |
1. Pelayanan Kesehatan Anak 2. Pemantauan tumbuh kembang anak |
||
6 |
Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan |
1. Kotak Saran 2. Petugas di Meja Informasi 3. WA : 0813-6461-3744 (AMITA) |
STATISTIK PENGUJUNG
0 Pengunjung Hari ini | 0 Pengunjung Kemarin | 70,205 Semua Pengunjung | 162,703 Total Kunjungan | 52.15.170.196, IP Address Anda